Adab Berpakaian Untuk Seks Edukasi

by - Maret 02, 2020




Privat dan Rasa Malu Ketika Berganti Baju



Adab Berpakaian
Adab Berpakaian
Source Pinterest



"Tutup Pintunya !"


Ketika saya berganti pakaian di dalam kamar dan suami masuk. Saya mengusahakan untuk tidak berganti baju di depan anak. Memang dia masih kecil, belum mengenal apa itu aurot, namun yang menjadi tujuan saya memahamkan rasa malu padanya.


Rasa malu harus dimiliki oleh semua orang untuk melindungi tubuhnya. Ketika saya membuka baju di dalam kamar dengan pintu tertutup, artinya kegiatan itu adalah privat. Dan saya akan usahakan Abhi berganti pakaian pun berada di dalam kamar.



Adab Umum Dalam Berpakaian


Fungsi baju selain melindungi tubuh dari kuman adalah sebagai penutup aurot bagi seorang muslim. Jadi sedini mungkin saya ajarkan Abhi bagaimana memakai baju yang baik dan benar.

1. Gunakan pakaian yang halal
Hendaknya pakaian yang digunakan halal bahannya, juga halal cara mendapatkannya serta halal harta yang digunakan untuk mendapatkan pakaian tersebut.

"Baju ini yang beliin siapa Bhi?"

"Bapak ya, Bapak kerja dapat uang buat beli baju."

Dialog yang sering saya sampaikan pada Abhi. Baju yang dia pakai berasal dari beli di toko dengan uang Bapak dan hadiah dari sanak saudara yang insyaAllah halal bukan barang curian.


2. Tidak menyerupai lawan jenis

Tidak diperbolehkan menyerupai lawan jenis dalam bertingkah-laku, berkata-kata, dan dalam semua perkara demikian juga dalam hal berpakaian. Laki-laki tidak boleh menyerupai wanita, demikian juga sebaliknya.

"Pakai baju, celana, Abhi nggak pakai rok, gelang."


3. Memulai dari sebelah kanan

Hendaknya memulai memakai pakaian dari sebelah kanan.

"Tangan kanan dulu, baru yang kiri."

"Kaki kanan dulu, baru yang kiri."


6. Doa memakai pakaian

Hendaknya ketika memakai pakaian membaca doa.

"Bismillahi." Ketika memakai baju atau celana.


7. Di dalam kamar

Berpakaian di dalam tempat tertutup.

"Ayo masuk kamar, pakai baju di dalam kamar."



Sumber :

Purnama.Yulian.2019.https://muslim.or.id/47057-adab-adab-berpakaian-bagi-muslim-dan-muslimah.html

You May Also Like

0 komentar