Memahami Gaya Belajar Anak Dengan Mengulang Pelajaran di Sekolah

by - Juli 24, 2019

Mengenal Huruf Hijaiyah



Mengenal Huruf Hijaiyah


Di mulai dengan menyanyikan huruf dengan lirik dan nada lagu yang ada pada tayangan ipin upin. Abhi sangat suka jika saya menyanyikan lagu huruf hijaiyah ini dengan nada lagu seperti ipin upin, matanya langsung berbinar-binar. Saya tuliskan toga huruf pertama hijaiyah pada secarik kertas menggunakan spidol warna hitam.


Kemudian saya lafalnya bunyinya, "a.... ba.... ta...." cakap saya di depan Abhi.

Saya ulang-ulang melafalkannya sambil menunjuk hurufnya.
"Ayo Abhi tiruin bunda bilang a.... ba.... ta...." kata saya pada Abhi.
Abhi hanya menirukan huruf A saja.


Lanjut dengan menebalkan garis putus-putus tiga huruf hijaiyah ini. Abhi masih saya pandu untuk menebalkan garis putus-putus ini. Ini kali ke tiganya dia menebalkan garis namun maaih belum pada pola yang seharusnya. Kemajuannya dia sudah paham kalau itu harus ditebalkan tangannya mengarahkan spidol ke huruf alif yang masih dengan garis putus-putus. Jemari masih belum luwes saat menebalkan garis, ini salah satu latihan untuk motorik halusnya.


Belum lengkap kalau belum mewarnai, saya mengajak Abhi mewarnai pada huruf hijaiyah yang saya gambar pertama tadi. Dia memilih warna biru dan mencoba mewarnai dan hasilnya masih coret sana sini. Tak apa ya nak, masih latihan, jangan pantang menyerah sebelum bisa.

Pengamatan Gaya Belajar Anak



👀 Visual : Abhi memperhatikan apa yang saya tulis, dan dengan mata berbinar-binar melihat gestur tubuh saya saat menyanyi.

👂 Auditori : Mendengarkan saat saya menerangkan dan bernyanyi.
Menyebut huruf Alif.

🤸 kinestetik : Menunjuk huruf hijaiyah.
Terdistraksi oleh suara gemuruh motor yang lewat di depan rumah.


#hari14
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#ilovetolearn
@institut.ibu.profesional
#kuliahBundaSayang





You May Also Like

0 komentar