Mengenali Gaya Belajar Anak dengan Kalimat Berkategori Visual,Auditori, Kinestetik

by - Juli 22, 2019

Masih menggunakan metode pendekatan Neuro Linguistic Programamming untuk mengenali gaya belajar Abhi. Siang yang cerah setelah pulang sekolah tak ada suara telivisi yang terdengar. Mulai dari membaca buku alat transportasi lanjut ke buku kumpulan 100 jenis binatang. Gajah dan ikan masih menjadi hewan favorit Abhi. Setiap kali melihat gambarnya pasti dia berkata "ikan".


Dibolak-balik buku berwarna menjolok bergambar macam-macam hewan itu. Setelah melihat puzzle hewan laut yang berserakan di lantai, dia mengambil salah satu kepingan puzzle lalu mencocokkan dengan gambar ikan yang ada di buku.


"Eh disamain ya puzzle ikan sama gambar ikannya" cakap saya pada Abhi.

"Ikan yang dibawa Abhi warnanya apa? o.... range" ujar saya padanya.

"Kalau ikan lumba-lumba bisa bicara loh, suaranya ik.... ik..... ik...." terang saya pada Abhi.

"Ikan emas yang orange dan ikan lumba-lumba yang bisa bicara hidupnya di air, renang-renang di air" jelas saya pada Abhi.


Dengan pemilihan kata-kata yang berkategori visual (berhubungan dengan indera mata/penglihatan), saya memakai diksi warna ikan. Pemilihan kata yang berkategori auditori (berhudungan dengan indera pendengaran), saya memakai diksi suara ikan. Pemilihan kata yang berkategori kinestetik (berhubungan dengan gerakan dan perasaan), saya disini memakai berenang di air.



Selain memanfaatkan kata-kata verbal, bahasa tubuh saya pun tak ketinggalan saat presentasi di depan Abhi. Jadi pemrograman bukan hanya bisa dilakukan melalui kata-kata, tetapi juga bisa dilakukan melalui bahasa tubuh itulah yang disebut Neurolingistic Programming. Mengombinasikan antara perkataan/bahasa verbal dengan bahasa tubuh, menurut penelitian dalam psikologi menyebabkan komunikasi dua arah berjalan lancar dan mudah diterima oleh lawan bicara.


Pengamatan Gaya Belajar Anak

👀 Visual : Melihat variasi jenis ikan yang ada di buku dan di puzzle.

👂Auditori : Memperhatikan apa yang saya jelaskan padanya.

🤸 Kinestetik : Menyamakan ikan dari kepingan puzzle dengan gambar yang ada di buku.


Mengenali gaya belajar anak sekaligus menstimulasi modalitas belajarnya dengan metode NLP ini sangat membantu. Dan konon katanya teknik NLP ini anak bisa seperti terhipnotis jika pilihan dan bahasa tubuh yang dipergunakan sesuai.



#hari12
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#ilovetolearn
@institut.ibu.profesional
#kuliahBundaSayang

You May Also Like

0 komentar