Membagi Roti Tawar, Belajar Pembagian
Masih seputar pengenalan matematika untuk anak usia dini. Orang tua sebagai pembimbing harus memahami dahulu apa itu matematika?
Matematika adalah sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide/konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis melalui penalaran yang bersifat deduktif, sedangkan matematika di usia anak PAUD adalah kegiatan belajar tentang konsep matematika melalui aktifitas bermain dalam kehidupan sehari-hari dan bersifat ilmiah.
MANFAAT PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK AUD
- Membelajarkananak berdasarkan konsep matematika yang benar.
- Menghindari ketakutan matematika sejak awal.
- Membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain.
Peran guru dalam mengembangakan kegiatan belajar matematika adalah
- Membangun rasa ingin tahu anak secara alami tentang bentuk, ukuran, jumlah, konsep-konsep dasar lain dalam matematika.
- Peduli dan tertarik terhadap apa yang dikatakan anak. Hal ini akan mendorong anak untuk menceritakan pengalaman dan penemuan mereka.
- Penerimaan terhadap sejumlah kegiatan matematika yang dilakukan anak. Hal ini akan mendorong kepercayaan diri untuk tetap berpikir, bertanya, dan berbagi pengalaman tentang hal berbagai hal yang dialami anak.
Fun With Math, Membagi Roti Tawar
Mempelajari teori diatas dengan mengenalkan matematika pada anak sejak dini dapat pula meningkatkan kecerdasan berbahasanya. Pengenalan konsep pembagian siang ini saya gunakan Metode Demontrasi. Metode Demonstrasi adalah suatu cara untuk mempertunjukan atau memperagakan suatu objek atau proses dari suatu kegiatan atau peristiwa.
Membagi roti tawar |
Saya ambil sebuah roti tawar berbentuk segiempat letakkan di atas talenan, kemudia saya potong menyerong. Setelah di potong terlihat roti menjadi dua potong dengan bentuk yang berbeda dari sebelumnya yaitu bentuk segitiga.
Saat melakukan demonstrasi di depan anak sekaligus saya jelaskan tentang roti yang dibagi menjadi dua bagian. Dimana bagian tersebut menjadi lebih kecil karena dibagi. Dengan memotong serong membuat hasil potongan menjadi bentuk segitiga.
Roti berubah betuk |
Reaksi anak melihat rotinya terbelah jadi dua cukup membuat geli. Dia mengambil kental manis coklat dan diserahkan pada saya untuk dioleskan pada roti tawarnya. Bagi dia mau dibuat mainan, makanan tetaplah menggoda untuk dimakan.
"Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin di sampaikan (suriasumantri, 1982)"
Sumber Literatur
MilaFaila.2011.https://failashofagmail.wordpress.com/2011/06/01/pengenalan-matematika-anak-usia-dini/
0 komentar