Stimulasi Matetika Logis Pada Anak, Fill The Empty
Bicara tentang pelajaran maematika bukanlah sesuatu yang sulit dan harus dibenci. Oramg tua bisa membantu anak belajar matematika dengan cara mengajarkan sejak balita dengan cara yang menyenangkan. Hari ini saya membuat beberapa kegiatan bermain si kecil yang semua berbau matematika logis.
Fill The Empty, Hands-On Math Logic Activity
Fill The Empty |
Permainan pertama adalah sesuai judulpermainannya Isi yang Kosong, Aktifitas Matematika Logis dengan Tangan. Permainan ini sudah banyak dipraktekkan oleh ibu-ibu pada anaknya. Dan saya pun ingin menjajalnya pada Abhi. Permainan tuang menuang air dari mangkok ke dalam botol ini untuk mengasah motorik halus anak.dan belajar konsep volume atau kosong dan isi.
"Abhi, warnanya biru ya habis dikasi warna" cakap.saya pada Abhi untukmenarik perhatiannya.
Tiga kali menyedok air dan menuang ke dalam botol melalui corong si kecil lari masuk kamar. Saya biarkan beberapa saat dia bermain dengan mobil-mobilannya.
"Yuk lanjutin lagi sendok airnya, saaatuuu, duuua, tiiigaaa" dan si kecil kabur lagi. Konsentrasinya masih sampai hitungan ke tiga.
Disini Abhi belajar membilang angka, konsep isi dan kosong, zat cair dan perubahan warna serta mengikuti perintah yang saya berikan. Kalau bundanya belajar komunikasi efektik untuk anak dan kesabaran.
Meski kecerdasan matematika logos Si Kecil berkembang secara alami sesuai dengan usianya, sebagai orang tua tetap perlu menstimulasinya agar dapat mencapai titik tertinggi. Stimulasi melalui sebuah permainan seperti yang saya lakukan bersama anak seperti berikut.
- Ajarkan konsep matematika secara sederhana, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.
Pada kegiatan bermain kali ini anak belajar juga konsep penambahan dan pengurangan. Mangkok yang berisi air berkurang karena disendoki, dan botol bertambah airnya diambilkan dari air yang ada dalam mangkok.
- Bantu Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan sesuai usianya, seperti mengenal benda, warna dan bentuk, pola hingga memahami angka atau bilangan.
Si kecil belajar nama suatu benda ada air, mangkok, botol plastik bekas, corong, pewarna dan sendok.
-Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk membantu Si Kecil, agar bisa fokus dan memiliki minat belajar tinggi.
Setelah permainan selesai Abhi saya beri susu, buah untuk snack dan vitamin temulawak untuk tambahan asupannya.
Matematika Logis Melalaui Lingkungan sekitar
Belajar Matematika |
Lingkungan sekitar dapat dimanfaatkan untuk pengenalan matematika anak usia dini, bahkan dengan pemanfaatan lingkungan sekitar ini akan lebih mendorong anak untuk memahami konsep matematika secara alamiah. Contoh kegiatanya antara lain pembelajaran diluar kelas, eksperimen, eksplorasi, dll.
Jam menunjukkan waktu Abhi berolahraga pagi, maksudnya berputar keliling pembatas jalan samping rumah. Ahahaha. Melihat tanaman liar yang tumbuh di ruko tetangga, saya mengajak Abhi memetiknya beberapa. Bunga berwarna putih kekuningan, bunga liar yang penuh kenangan buat saya pribadi. Bunga ini tumbuh di sepanjang perlintasan rel kereta api dekat rumah saya waktu kecil. Dan bunga ini bisa menjadi berbagai macam kreasi.
Pengajaran yang didapat |
Kali ini saya mengajak Abhi untuk belajar membilang dari bunga yang dipetiknya kemudian mengumpulkan menjadi satu. Ketika saya ajarkan berhitung angka dari satu sampai sepuluh dia meminta saya memperagakan dengan jari. Saya lantunkan dengan nyanyian dia tampak lebih bahagia.
Selain bunga kecil bertangkai panjang ini, saya juga memetik lima helai daun dari pohon sawo punya tetangga. Saya ambil lima helai ini dengan ukuran dari kecil ke besar.
"Bhi, lihat daunnya yang ini kecil, trus ini lebih besar, yang ini besar lagi, besar lagi, yang ini paling besar dan panjang ya" ujar saya pada Abhi
Mengenalkan konsep kecil dan besar serta pendek dan panjang melalui daun pohon sawo yang ada di lingkungan sekitar. Ketika anak paham "oh ini kecil, oh ini besar" lama kelamaan anak akan tahu ukuran.
0 komentar