Menjahit Pola Bidang Datar
Menjahit Pola Bentuk Bidang Datar
Menjahit Pola Bidang Datar |
Suka menggabungkan keterampilan dalam kegiatan anak, anak-anak dapat membangun keterampilan motorik yang baik dan koordinasi sambil menarik tali sepatu melalui lubang-lubang di kartu bentuk bidang datar ini. Pola dari kardus bekas kemudian saya tempel kertas berwarna dan diberi lubang bagian pinggirnya. Terlihat mudah bagi oramg dewasa, namun bagi anak sulung saya yang susah diam ditempat dapat menjahit pola bidang datar ini sebuah prestasi tersendiri.
"Abhi, ini warna apa?"
"Biru"
"Bentuknya persegi ya, ini ada tali warna coklat nanti talinya dimasukkan ke lubang ya"
Sambil mengajarkan, memandu dan memegang tangannya supaya bisa fokus memasukkan dan menarik tali sepatu. Sebenarnya ini bukan tali sepatu, tapi tali tas kertas jadi tidak terlalu panjang. Setelah sisi sebelah kanan selesai dijahit, saya keluarkan tali dari lubang, kemudian pindah ke lubang lajur kiri.
"Lanjut yang warna hijau ya"
"Ini bentuk apa hayo?"
"Segitiga"
"Menjahit lagi ya sama bunda"
Insight dari kegiatan menjahit pola bidang datar.
√ Anak berlatih koordinasi mata dan tanggannya ketika memasukkan tali ke lubang.√ Anak belajar pola jahitan.
√ Anak belajar bentuk bidang datar atau geometri.
√ Anak lebih mengenal warna.
√ Anak belajar sabar.
Kenapa sih harus mengajarkan anak macam-macam ? Aneh-aneh kegiatannya. Mungkin ada beberapa orang tua yang berpikir seperti itu, "anakku nggak diajari begituan juga pintar di sekolah". Inilah kenapa ada value tentang pendidikan anak di dalam sebuah keluarga. Ada orang tua yang take it flow, mengasuh anak secara mengalir saja seperti oramg tuanya terdahulu mengasuh dan mendidiknya. Ada juga yang belajar parenting sana-sini, beli buku, ikut seminar, belajar otodidak sampai ke psikolog. Tidak ada yang salah karena orang tua tahu apa yang terbaik untuk anaknya. Cuma lebih baik setelah menjadi orang tua, ilmu pengasuhan dan mendidik anak di upgrade,karena anak kita hidup buka di jaman kita. Anak kita akan hidup di jaman digital yang serba bebas.
Stimulasi matematika logis pada anak usia dini sangat memberi peran besar untuk kecerdasan-kecerdasan lainnya. Matematika logis yang mudah ditemukan di sekitar kita dan aplikatif serta menyenangkan untuk permainan anak. Pada permainan menjahit pola bidang datar ini stimulasi yang diberikan untuk dorong anak untuk aktif mencari dimana lubang, menemukan dan menyelesaikan lubang harus dijahit dengan tali semua.
Jelas dari permainan yang saya pilih ini untuk mengasah fisik dan motorik anak. Anak dituntut diam untuk berkonsestrasi menyelesaikan sebuah tantangan menjahit kertas dengan mengelola emosinya. Aspek intelektual dari permainan ini akan lebih memgenal bentuk bidang datar dan pola menjahit. Anak saya bimbing untuk kreatif mulai dari melakukan permianan yang variatif. Melatih keterampilan anak memgkoordinasikan antara mata dan tangan.
Stimulasi matematika logis pada anak usia dini sangat memberi peran besar untuk kecerdasan-kecerdasan lainnya. Matematika logis yang mudah ditemukan di sekitar kita dan aplikatif serta menyenangkan untuk permainan anak. Pada permainan menjahit pola bidang datar ini stimulasi yang diberikan untuk dorong anak untuk aktif mencari dimana lubang, menemukan dan menyelesaikan lubang harus dijahit dengan tali semua.
Belajar Kecakapan Hidup
Dari sebuah permainan stimulasi matematika anak dapat belajar kecakapan dalam hidup. Pendidikan anak usia dini mengembangkan diri anak secara menyeluruh (the whole child). Berbagai kecakapan dilatihkan agar anak kelak menjadi manusia seutuhnya. Bagian dari diri anak yang dikembangkan meliputi bidang fisik-motorik, intelektual, moral, sosial, emosi, kreativitas, dan bahasa. Tujuannya ialah agar kelak anak berkembang menjadi manusia yang utuh yang memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia, cerdas dan terampil, mampu bekerja sama dengan orang lain, mampu hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.Jelas dari permainan yang saya pilih ini untuk mengasah fisik dan motorik anak. Anak dituntut diam untuk berkonsestrasi menyelesaikan sebuah tantangan menjahit kertas dengan mengelola emosinya. Aspek intelektual dari permainan ini akan lebih memgenal bentuk bidang datar dan pola menjahit. Anak saya bimbing untuk kreatif mulai dari melakukan permianan yang variatif. Melatih keterampilan anak memgkoordinasikan antara mata dan tangan.
"Pilihlah permainan anak yang bisa mengasah berbagai kecakapan untuk bekal kehidupannya kelak"
0 komentar