Kegiatan Islamic Motessori Untuk Stimulasi Sensori Anak

by - November 08, 2019




Jumat berkah ini Abhi saya ajak bermain sensori dan motorik dengan tema colourfull. Mulai dari bermain water beads untuk mengasah motorik kasar dan halusnya. Kemudian bermain mie warna tujuannya mengasah sensorinya. Dua kegiatan ini diselingi dengan bermain air di samping rumah dan animal sounds atau mendengarkan suara hewan.



Water Beads Soup



Sop buah di hari yang ceeah sangat menggoda untuk disantap. Tapi adanya sop bola jelly warna-warni kepunyaan Abhi. Permainan water beads ini saya bagi menjadi 2 sesi, yang pertama menyendok water beads tanpa kuah dan yang kedua menyendok water beads dengan kuah seperti sop buah. 


Langsung nelen ludah karena cuaca panas seger rasanya kalau menikmati sop buah.


Sesi Pertama



Menyendok water beads tanpa kuah tidak membuat Abhi antusias. Dia malah bete uring-uringan ketika saya sedikit memaksa untuk tetap duduk dan menyendok. Nangis sejadi-jadinya. Break dulu mainnya nunggu si doi tenang.


Lanjut ketika tenang saya coba lagi dan berhasil menyendok memindahkan water beads ke wadah sampai hampir habis masih dengan arahanya saya tanpa drama.


Sesi Kedua


Sesi kedua dimulai, mood doi masih bagus. 

"Bhi, ini di kasi bunda air jadi ada kuahnya ya" 
"Yuk, sini main lagi"


Dia mau menyendok dengan arahan saya dengan senang hati karena melihat air di mangkok. Sesekali tangan Abhi mengobok-obok mangkok menangkap water beads yang licin.



Sesi kedua berjalan dengan aman sentosa tanpa rengekan, sampai diulang 3 kali memindah water beads ini dengan sendok. 



Good job Abhi !


Hari Jumat Hari Beramal



Seperti biasa jalan-jalan sore keliling perumahan dengan mengantongi uang untuk dimasukkan ke dalam kotak amal mushola. Abhi belum bisa saya ajak sholat jamaah di mushola jadi saya mengakalinya dengan mengajaknya mengisi kotak amal. Kegiatan ini selain membiasakan pada Abhi untuk berbagi, mengeluarkan sedekah terbaik dan juga untuk mengenalkan masjid supaya besok dia bisa ikut memakmurkan masjid.



Membaca Buku Aku Sayang Binatang



Buku Anak



Membacakan buku untuk menginput kosa kata ke dalam ingatan Abhi. Salah satu buku favorit Abhi ini bisa untuk media mengasah kemampuan bahasa reseptif dan bicaranya dengan menunjuk gambar hewan serta menjawab ketika saya bertanya.


"Sapi yang mana Bhi ?"

"Ini apa ?"



Merangkak Di Terowongan


Terowongan Favorit Abhi




Merangkak di dalam terwongan hampir setiap hari dilakukan oleh Abhi untuk stimulasi vestibularnya. 



Permainan Terowongan fungsinya
1. Eye hand coordination (koordinasi mata-tangan)
2. Proprioseptif
3. Motor coordination (koordinasi motorik)
4. Visual persepsi
5. Vestibular


Hanya merangkak masuk keluar terowongan ? 

Tentu tidak.

Masuk ke dalam terowongan dengan membawa mainan.


Kognitif Memisahkan Warna


Mengelompokkan Warna



Mengelompokkan warna ke dalam gelas plastik bagian atasnya saya tutup dengan kertas warna.


"Ambil yang kuning"


Warna favorit Abhi mengawali kegiatan ini. Abhi belum fasih mengelompokkan warna. 



Mengasah Sensori Dengan Mie Warna


Mie warna



Sensori taktil Abhi yang belum "just right" sangat perlu stimulasi yang instens. Mulai dari sensori tekstur keras, medium, lembek. Mie ini tekstur lembek jadi Abhi belum suka memegang dan mengeksplorasinya.


Saya membubuhkan pewarna makanan untuk mengundang daya tarik si kecil. Namun belum cukup perlu sedikit pemaksaan untuk Abhi mau menarik mie menjadikan ukurannya lebih pendek. 


Saya arahkan tangannya, saya ajari menarik-narik mie dengan penuh drama penolakan.


Permainan saya tambahi dengan memasukkan beberapa mainan kecil. Mainan kecil ini saya sembunyikan dibalik mie. Saya minta Abhi mengambilnya, lagi-lagi dia tidak mau. Dengan segenap tenaga yang tersisa di sore hari ini saya mengarahkan Abhi untuk mengambil mainan yang berada dalam balutan mie.


Genap sehari Abhi menuntaskan tantangan bermain ala islamic montessori. Motorik, sensorik, kognitif, bahasa, islamic activity dengan tema warna dan binatang berhasil diselesaikan Abhi dengan penuh drama. 

Good job nak !


Setiap hari kita seperti ini ya, walaupun dengan air mata dan peluh insyaAllah mendatangkan kebaikan untuk tumbuh kembangmu.


Dia bintang kecil yang bersinar setiap hari di rumah kami.

Abhi namanya.


You May Also Like

0 komentar