Yoga Alfabet untuk Anak

by - November 03, 2019

Yoga Alfabet Untuk Anak-Anak



Yoga Alfabet



Ini ide yang fantastis! Kegiatan ini adalah pengantar yang sederhana dan menyenangkan untuk membuat anak-anak mengikuti yoga, peregangan, dan menyadari tubuh mereka. Game dapat membuat latihan sederhana jauh lebih menyenangkan.Yoga dengan gerakan yang mengikuti bentuk sesuatu benda atau makhluk hidup dengan huruf awalnya sesuai alfabet. Misal huruf A menirukan bentuk Airplan (pesawat).

Bisakah saya melakukan seluruh alfabet yoga ini bersama si sulung?


Anak tidak bisa diam dalam kurun waktu lama ini harus dibuatkan aktifitas yang bersinggungan dengan gerakan yang energik. Lelarian, loncat sana sini, jalan di tempat, pukul-pukul sebagian besar aktifitasnya berupa aktifitas fisik yang banyak mengeluarkan energi dan keringat. Itu yang membuatnya bahagia, ketika sedikit saja dilarang mudah tantrum. Emaknya bisa kena pukul dan teriakan.


Nah saatnya saya mengajaknya untuk berolahraga yang terstruktur. Kemarin brain gym dengan musik lagu anak-anak, pagi ini saya ajak yoga alfabet dengan alunan musik tempo lambat sejenis instrumen. Untuk apa sih capek-capek ngajarin anak yoga?


Yoga yang identik untuk meditasi para orang dewasa, apakah ada manfaatnya jika anak kecil melakukan gerakan yoga ? Pasti ada, bahkan banyak manfaatnya. Gerakan yoga yang terstruktur untuk kelenturan otot dan kesehatan fisik manusia. Yuk kita tilik manfaat gerakan yoga untuk anak kecil.

Meningkatkan kapasitas paru-paru dan pernapasan.
Meningkatkan level energi.
Membangun kekuatan dan fleksibilitas otot.
Mengurangi kelelahan, baik fisik maupun mental.
Meningkatkan fokus.
Meredakan kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur.
Meningkatkan fungsi motorik halus.


Biasanya saya olahraga sendiri dan si sulung hanya melihat, mendekat dan menjauh kembali. Dari raut mukanya ingin ikutan olahraga tapi belum bisa. Nah, setelah tahu manfaatnya untuk kesehatan fisik dan juga mental, yuk kita mulai latihan yoga bersama anak. Seseruan olahraga bersama anak. Mungkin dengan melakukan semua gerakannya saya belum merasa kelelahan, tapi coba kita lihat si kecil saya setelah melakukan yoga ini.


Peralatan Beryoga


Gerakan yoga alfabet ini cukup simple bisa dilakukan kapan saja. Saya cuma butuh matras sebagai alas saat yoga bersama si sulung. Matras yang saya pilih puzzle karet yang saya tata di lantai, kemudian saya tutup dengan karpet karet. Selain matras, saya harus menempel poster gerakan yoga alfabet pada dinding, karena saya belum hafal semua gerakannya.ups. Setelah poster lengkapi dengan mp3 dari gawai saya, yaitu musik instrumen bertempo sedang.


Yoga Alfabet Abhi dan Bunda


Saya harus paham betul apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengajak anak beryoga. Saat saya kenalkan latihan yoga pada anak seperti saat ini, baiknya dilakukan di tempat yang aman dan menggunakan matras.


Si sulung yang belum genap tiga tahun ini secara alami tubuhnya lebih lentur daripada orang dewasa, jadi ada kemungkinan tidak menyadari saat melakukan gerakan atau tekukan sendi yang berlebih. Saya harus ekstra pengawasan dan memaksakan pose yoga untuk anak.


Saya pilih lokasi di dalam kamar dimana suhu ruangan bisa diatur dan dijaga pada suhu yang lebih rendah dan nyaman untuk membuat bergerak dan bernapas menjadi lebih nyaman.
Serta alunan musil yang membuat suasana tenang dan bahagia melakukan gerakan yoga bersama buah hati.


"Bhi, mau olahraga? , senam seperti kemarin" tanya sekaligus ajakan pada si sulung.
"Kita senam seperti digambar itu" sambil menunjuk poster yoga alfabet untuk anak.
"Pasti asyik, ayo ikutin bunda" ajak saya.


Beberapa gerakan Abhi perlu saya pandu, seperti pose burung kalkun dan pesawat. Mata Abhi berbinar-binar saat melakukan gerakan yoga satu per satu, sesekali ia terjatuh ke matras.

Coba tebak gerakan apa yang paling disukai Abhi.?

Abhi suka gerakan cobra.


Tidak sempat ambil gambar karna saya pun ikut gerakannya untuk menjadi modelnya Abhi.



Mempunyai kegiatan olahraga yang baik adalah salah satu dari mengasah kemampuan sosialnya. Cara Melatih Keterampilan Sosial pada Anak bisa dengan Sikap positif yang ditanamkan oleh orang tua juga mampu mengajarkan anak untuk bisa memiliki keterampilan sosialnya dengan sangat baik. Dan olahraga seperti yoga ini merupakan salah satu sikap positif untuk hidup sehat, ketika kita sehat maka banyak hal bisa dilakukan untuk sesama di sekitar kita.


Manfaat yoga bisa meredakan kecemasan, rasa cemas yang mudah dikontrol merupakan bagian dari pengelolaan emosi. Pengelolaan emosi erat hubungannya dengan keterampilan intarpersonal. Anak yang bisa lebih tenang tidak mudah tantrum itu yang saya harapkan dari manfaat beryoga ini.


You May Also Like

0 komentar