Sepak Bola Dengan Sasaran

by - November 06, 2019

Menendang sasaran



Bola, ada berbagai jenis bola di rumah kami, dan Abhi suka memainkan bola dengan tesktur seperti durian. Kali ini saya memberi Abhi sebuah tantangan menendang bola dengan sasaran.



Bahan sederhana seadanya di rumah Eyang, bola semangka yang kenyal dan gelas plastik. Saya susun gelas plastik baris paling bawah 3 buah dan baris di atasnya 2 buah.


"Abhi ayo tendang bolanya, kenain gelasnya" perintah saya.


(klontang)


Sasaran Terjatuh Dua



Dua gelas jatuh, saya minta Abhi menendang bola lagi dan bisa jatuh semua gelas yang sudah tersusun. Beberapa kali mencoba, beberapa kali menendang bola arahnya pun tak menentu. Kadang bola mengarah ke kanan, ke kiri dan dengan semangat bola bisa mengenai sasaran.



Kaki Abhi itu sudah seperti pemain sepak bola karena ototnya yang besar dan kencang. Kembangkan keterampilan motorik kasar seperti keseimbangan dan koordinasi anak sambil menendang bola.



Abhi sudah punya inisiatif menendang bola sendiri tanpa saya suruh. Awalnya Abhi tidak fokus dalam menendang, asal saja kakinya menyepak bola empuk ini. Setelah saya beri contoh Abhi bisa menendang mengenai gelas. Kalau gelas terjatuh dia langsung tepuk tangan. Abhi memang selalu mengapresiasi keberhasilan dengan tepuk tangan.


Sasaran Baru




Objek kesukaan Abhi adalah bola dan pada sesi ke dua saya tambahkan robot ultramen di atas gelas. Langsung menarik perhatian Abhi, di tendang ultramen sampai terjungkal.


Hampir setiap hari saya mengajak Abhi bermain sepak bola karena banyak manfaatnya untuk si kecil. Check manfaat bermain sepak bola di bawah ini ya bunda semua.

a. Meningkatkan keterampilan motorik kasar


Permainan sepak bola siang ini, kegiatan yang memperkuat otot inti yang memungkinkannya lebih aktif secara fisik sehingga ia bisa lebih sehat dan kuat untuk meningkatkan keterampilan motorik kasarnya.

Menggiring bola sampai ke titik pinalti kemudian menendang supaya mengenai sasaran. Berlari dengan berusaha untuk menguasai bola sarana untuk meningkatkan fokis dan koordinasi kaki dan matanya.

Anak bisa menjadi aktif dengan bermain bola.


b. Meningkatkan konsentrasi dan fokus


Memainkan sepak bola melibatkan banyak fokus dan perhatian Abhi, memainkan bola supaya dapat tepat sasaran perlu koordinasi mata dan kaki.


"Kekuatan tidak berasal dari kemampuan fisik, kekuatan datang dari kemauan yang gigih." — Mahatma Gandhi


c. ABCs


ABCs merupakan kemampuan Agility, Balance, dan Coordination. Agility, Balance, Coordination ditambah dengan kecepatan saat bermain bola sangat berhubungan dengan perkembangan sistem saraf pusat pada anak-anak. Menendang bola dibutuhkan gerakan cepat, aktivitas ini memberikan ransangan yang sempurna untuk membantu anak mengembangkan sistem sarafnya. Vestibular pada Abhi semakin terlatih ketika bermain bola.


d. Melatih anak mengambil keputusan


Tantangan kognitif ketika mengarahkan tendangan bola menuju sasaran. Melenceng kanan-kiri tak apa akhirnya Abhi bisa mengenai sasaran juga.


e. Membuat anak tetap sehat dan bugar


Semua olahraga akan membuat orang yang melakukannya sehat dan bugar ketika menjalaninya, termasuk olahraga. Bermain sepak bola adalah latihan hebat yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan koordinasi, meningkatkan kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas.


f. Persaingan menciptakan motivasi dan dorongan


Bila anak-anak merasa termotivasi dan terdorong saat bermain sepak bola, mereka akan menjadi siswa dan orang dewasa yang lebih sukses.

Bermain sepak bola juga akan membantu anak untuk mengerti bagaimana caranya bersaing dalam jalan yang baik. Ia juga akan lebih menghargai bahwa setiap permainan akan ada menang dan kalah.

Membaca manfaat bermain sepak bola bagi anak yang baik untuk perkembangan Abhi wajib dijadikan agenda rutin.



Selain melatih keterampilan motorik dan keseimbangan pada Abhi, kegiatan sepak bola ini untuk mengamati bakat olahraga pada Abhi. Si anak kinestetik ini suka dengan kegiatan fisik yang berbau olahraga akan saya amati apakah bakat olahraga dari bapaknya menurun padanya.



Sumber :
Onic Metheany.2018.https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/onicmetheany/manfaat-dari-bermain-sepak-bola-untuk-anak/full

You May Also Like

0 komentar