Sedekah Brutal Tidak Akan Buat Miskin

by - November 27, 2019




Berkah Pemberian Roti



Credit by Pinterest



Masih saya bacakan cerita tentang sedekah yang bisa menjauhkan dari api neraka. Banyak kisah kebaikan dari sahabat nabi yang menginspirasi.



Abdullah bin Jafar dikenal sebagai seorang yang pemurah.Selama hidupnya, ia banyak bersedekah dan menolong sesama. Suatu hari, di sebuah kebun kurma. Ia melihat ada seorang budak kecil sedang  mengeluarkan roti bekalnya. Tapi saat ia akan makan, tiba-tiba  datang seekor anjing lapar mendekatinya. Si budak itu, lalu memberikan sepotong roti untuk anjing itu. Karena anjing masih lapar, ia pun memberikan semua roti kepada si anjing.



"Kenapa engkau berikan semua bekal rotimu, padahal engkau sendiri kelaparan ?" tanya Abdullah.

"Anjing itu datang dari jauh dan sangat lapar. Karena itu aku memberikan semua bekalku." jawab si budak dengan santai.


"Lalu bagaiman engkau bisa makan hari ini?"  tanya Abdullah lagi.


"Aku akan menahan lapar dan tidak makan" jawab budak itu tanpa beban.


"Ternyata engkau lebih pemurah dibanding aku. Padahal selama ini orang memganggapku terlalu pemurah."  kata Abdullah kagum.


Saat itu juga Abdullah membeli budak itu, kebun kurma dan peralatan kerjanya dari si tuan budak. Tak cuma itu kemudian Abdullah memberikan kebun kurma  dan peralatan kerjanya juga pada si budak itu.



"Sedekah brutal, yang tidak akan membuatmu miskin, insyaAllah Allah akan menggantinya lebih banyak"



Respon Abhi terkait cerita ini masih menyimak apa yang saya ucapkan.



Patuh Untuk Menghabiskan Roti Sebelum Ambil lagi





"Ayoo yang tadi udah habis belum ?" ucap saya ketika melihat Abhi meraih biskuit kedua sebelum yang pertama habis.






Kemudian Abhi mlipir pergi meninggalkan meja makan. Alhamdulillah si kecil sudah paham untuk menghabiskan makanan sebelum mengambil lagi. Dia pun sudah patuh dengan instruksi yang saya berikan untuk makan satu persatu sampai satu bungkus biskuitnya habis.



Ketika konsisten memberikan peraturan maka anak akan paham apa yang sebaiknya dia lakukan. Dari kegiatan ini cara saya untuk menunjukkan pada dia konsep keinginan vs kebutuhan dalam meningkatkan kecerdasan finansialnya yang bertujuan supaya dia tidak boros dan menghargai makanan.

You May Also Like

0 komentar